Review Film Malam Minggu Miko The Movie

Malam Minggu adalah hari paling utama untuk lelaki jomblo yang tengah coba peruntungan dengan calon pacar. Akhirnya cuma dua, cintanya di terima atau bertepuk samping tangan. Hal semacam itu juga dihadapi Miko (Raditya Dika). Walau senantiasa sial masalah masalah asmara, dia tidak mudah menyerah. Usahanya dilanjutkan mendekati wanita cantik bernama Anna (Mentari Rahmadina).

Tidak mau cintanya pupus lagi, Miko kasak-kusuk mencari argumen mengapa dia demikian susah memperoleh pacar. Ryan (Ryan Andriandhy), seseorang rekannya meyakini Miko terserang kutukan.

Ryan mengira kutukan itu datang dari tulisan ‘Nggak Bakal Cinta-Cintaan’ di jas labolatorium punya Miko saat mereka masih tetap duduk di bangku SMP. Masalahnya, mereka tidak ingat siapa yang menulis. Petualangan mencari si pelaku juga diawali dengan menelusuri satu persatu rekan SMP-nya. Malam Minggu Miko The Movie adalah karya Radith- sapaan akrab Raditya Dika, yang diadaptasi dari serial Malam Minggu Miko di Kompas TV. Di film ini, dia ikut serta segera juga sebagai sutradara, penulis sekalian satu diantara pemainnya.

Bukanlah Radith namanya bila tidak dapat mengocok perut pemirsa melalui ceritanya. Pada awal mulanya dia juga berhasil dengan karya tulisnya yang diangkat ke layar-lebar seperti Kambing Jantan : The Movie (2009), Cinta Brontosaurus (2013), Cinta Dalam Kardus (2013), Manusia 1/2 Salmon (2013) serta Marmut
Merah Jambu (2014).

Malam Minggu Miko The Movie juga mengangkat narasi tokoh paling utama di film terkecuali Miko. Mereka yaitu Dovi (Andovi Da Lopez) serta Anca (Hadian Saputra) yang semasing memainkan ciri-ciri kuat. Cerita kocak mereka terus berbuntut pada inti narasi film ini, yaitu perihal malam minggunya si Miko.

Menurut Radith, tidak sedikit adegan yang dipotong untuk keperluan durasi. Dia mau filmnya singkat seperti serial yang dia bikin. “Kita buang adegan-adegan yang mengganggu narasi seperti Dovi makan ayam mentah, Dovi sama Jovi di mobil. Adegan gue doang yang tidak dibuang, hehehe, ” kata Radith terbahak.

Untuk pemirsa yang belum tahu serial Malam Minggu Miko pasti di buat kebingungan. Film Radiht ini banyak di bintangi aktris serta aktor pendatang baru. Cuma ada dua pemain yang telah di kenal, yaitu aktor senior Hengky Solaiman serta Rina Hasyim. “Kenapa banyak pemain baru? Lantaran ini dapat buat film seperti riil, beneran. Jika yang telah populer, takut disebut akting, tidak alami, ” tutur Radith.